Demi kecintaan pada seni dan budaya Betawi: Sekilas Profil 12PSB

I2PSB merupakan singkatan dari Ikatan Perempuan Pecinta Seni dan Budaya Betawi. Ya, disini berkumpul para perempuan pecinta seni dan budaya Betawi yang bergiat untuk memajukan seni dan budaya Betawi. Bertempat di DKI Jakarta, tepatnya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, organisasi ini didirikan pada 2013. Pada  awalnya adalah kebiasaan berkumpulnya para perempuan penggemar kain Batik Betawi yang saling bertukar informasi maupun koleksi. Kemudian, terbersit niat diantara mereka untuk melakukan kegiatan sosial dengan menyisihkan pendapatan masing-masing. Kegiatan social yang didukung pun diputuskan berupa kegiatan seni dan budaya Betawi.

Logo 12PSB

 Para perempuan yang tergabung dalam 12PSB ini tidaklah murni keturunan Betawi, namun semua perempuan yang menyukai dan berkomitmen untuk mendukung pelestarian dan penyebarluasan seni dan budaya Betawi di mana saja berada. Maka, kegiatan sosial yang dilakukan pun dilandasi dengan niat baik untuk mengenalkan, mencintai, melestarikan seni dan budaya Betawi. Organisasi 12PSB ini diketuai oleh Dra. Maya Maysuroh, H.E. Saari, seorang putrid asli Betawi yang sangat bangga akan tanah Betawi, tempatnya lahir dan dibesarkan. Pengurus lainya adalah Yulianti Fajar Wulandari sebagai sekretaris, Monica Dwiarsanti sebagai bendahara, Maswanih Yola sebagai Humas, dan Seksi Umum adalah Yati Avivi. 

Dra. Maya Maysuroh, Ketua 12PSB mendukung kemandirian UMKM Betawi

VISI DAN MISI 12PSB
12PSB mempunyai visi sebagai organisasi yang menyatukan para perempuan pecinta seni dan budaya betawi di DKI Jakarta, untuk saling berkomunikasi dan bersinergi demi kemajuan serta kemandirian seni dan budaya Betawi.
Sedangkan dalam kegiatannya 12PSB mengemban Misi sebagai berikut: 
1.    Menjadikan seni dan budaya Betawi dikenal dan dihargai secara luas, terutama di DKI Jakarta
2.    Mempersatukan pekerja seni dan budaya Betawi untuk saling bekerjasama mempromosikan seni dan Budaya Betawi
3.    Mendorong kemandirian ekonomi para pekerja seni dan budaya Betawi
4.    Memajukan seni dan budaya Betawi melalui kegiatan yang aktif, kreatif dan inovatif 

12PSB mendukung penuh promosi Seni dan Budaya Betawi

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan 12PSB tidak hanya berupa santunan sosial untuk anak Yatim/Piatu dan atau donor darah. Namun juga berupa dukungan moril maupun materil pada beberapa kegiatan seni dan budaya Betawi, seperti pencak silat, sanggar tari, lenong, dan lain sebagainya. Dalam bentuk dukungannya terhadap kemajuan UKM Betawi, maka 12PSB seringkali mengelola bazaar untuk mengenalkan para pengelola UKM Betawi secara gratis tentunya. Produk-produk kerajinan tangan (suvenir) Betawi seperti kain batik motif Betawi, tas, boneka ondel-ondel, gantungan kunci dan lain sebagainya yang dikerjakan oleh para pengrajin (penyandang disabilitas) pun dikembangkan dalam skema UMKM Betawi.

12PSB turut mensponsori Lenong Kolosal "Putri Kembang Ronce"

Kiprah 12PSB bersama ketuanya, Ibu Maya Maysuroh dalam berbagai kegiatan social seni dan budaya Betawi, membuat 12PSB dianggap sebagai sebuah organisasi yang mengerti betul tentang masyarakat Betawi, baik seni maupun budayanya. Maka, Ketua 12PSB yang merupakan alumnus IISIP jurusan Humas, seringkali diundang menjadi pembicara pada seminar-seminar seputar seni dan budaya Betawi, juga seputar pemberdayaan dan kemandirian ekonomi perempuan Betawi.

KONTAK
Alamat: Jalan Raya Lenteng Agung No.57A, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610
Telpon: (021) 7820535
HP. : 0821 1150 3447

Comments

Popular posts from this blog

MENGHIDUPKAN KEMBALI SENI LENONG MELALUI PAGELARAN KOLOSAL LENONG DENES “PUTRI KEMBANG RONCE”